Nike Free RN Flyknit – DYNAMICALLY FLEXIBLE. NATURAL FIT.

Beberapa saat yang lalu saat saya menulis artikel tentang barefoot running Nike merilis pembaharuan dari koleksi seri Nike Free baik itu untuk running maupun training.

Dari sisi running, Nike merilis Nike Free RN Motion Flyknit, Nike Free RN Flyknit dan Nike Free RN. Ketiganya menyusul Nike Free RN Distance yang sudah dirilis Nike sebelumnya. Kali ini, saya mau me-review sedikit tentang Nike Free RN Flyknit.



Nike Free RN Flyknit merupakan pembaharuan terbaru dari sepatu Nike Free 4.0 Flyknit yang memiliki 8mm offset, pembaharuan Nike Free Midsole meliputi tri-star pattern yang memperluas multiple directions, Pembaharuan midsole foam yang lebih soft serta single seam Flyknit upper memberikan rasa yang fit seperti kaus kaki untuk breathability yang tinggi, peregangan dan support. Lalu anatomi tumit yang menggulung dengan tanah untuk gerakan yang lebih alami. Tidak ketinggalan flywire cable juga diikutsertakan Nike di bagian Upper sepatu yang dapat dikencangkan melalui tali sepatu untuk dukungan yang lebih dinamis saat kita berlari.


Hal Pertama yang saya rasakan saat memakai sepatu ini adalah toebox sepatu yang terasa lebar dan luas dibandingkan dengan sepatu sebelumnya. Awalny saya berpikir sepatu ini menjadi cukup besar untuk ukuran yang sama dengan sepatu lari saya yang lain nya. Disamping itu, cushion yang terasa sedikit lebih tebal dibandingkan dengan sebelumnya. Saya pun cukup khawatir karena takut kaki bagian depan akan goyang karena tidak fit dengan toebox sepatu, ditambah dengan sepatu ini tidak dilengkapi dengan lubang tali tambahan di dekat lidah sepatu, namun kekhawatiran itu tidak saya rasakan saat saya berlari memakai sepatu ini di sesi Ready Set Go NRCJKT. Meskipun toebox terasa besar dan tidak fit, hal itu ternyata tidak menganggu saya saat sedang berlari bahkan gerakan saat berlari cenderung lebih dinamis dan tidak terasa goyangan. Ditambah dengan saya masih memakai kaus kaki Nike Elite Lightweight yang tipis.

Sepatu ini terasa lebih fit dipakai saya bila saya memakai kaus kaki Nike Elite Cushioned yang bahan nya lebih tebal dibandingkan Nike Elite Lightweight tapi mungkin untuk sebagian pelari akan terasa kurang maksimal sensasi lari minimalis nya.

Sepatu ini sudah saya pakai untuk lari jarak 3K maupun 8K. Saat berlari di jarak 8K, tidak cepat terasa heat road dibandingkan dengan Nike Free 4.0 Flyknit sebelumnya, begitu pula saat saya mencoba berlari dengan fast pace.

Secara keseluruhan, sepatu ini bisa menjadi pilihan yang baik bila kamu ingin mencoba lari minimalis. Pembaharuan-pembaharuan yang ada pada sepatu ini cukup signifikan dengan adanya new outsole geometric membuat sepatu ini tidak hanya fleksibel tapi juga memperluas langkah kaki saat mendarat di permukaan. Sedikit tips dari saya bila kamu menginginkan sepatu ini terasa lebih fit, cobalah untuk down size sekitar 0.5 dari ukuran sepatu kamu biasanya atau akali dengan memakai kaos kaki Nike Elite Cushioned.

Photo credit : Naren
Terima Kasih untuk Nike Indonesia

2 comments

Submit a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s