Barefoot, Run Natural & Nike Free

Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar istilah Barefoot Running atau natural running tapi mungkin kita belum mengetahui persis apa pengertian, tujuan dan manfaat dari Barefoot Running itu sendiri. Barefoot Running adalah aktivitas berlari tanpa menggunakan alas kaki sehingga kita hanya mengandalkan kekuatan dari otot-otot kaki tanpa adanya dukungan dan bantalan dari sepatu.

Dewasa ini Barefoot Running sudah menjadi trend di hampir semua negara. Alasannya sederhana karena Barefoot Running dipercayai bisa menguatkan otot kaki, mengurangi risiko cidera dan memperbaiki posisi cara berlari kita terutama saat kaki mendarat ke permukaan. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mencari perbedaan dan tujuan yang pasti tentang barefoot running itu sendiri. Satu hal perbedaan yang ditemukan adalah kecenderungan pelari barefoot mendaratkan kaki nya pada bagian depan atau bola kaki ( forefoot strike ) berbanding terbalik dengan pelari yang memakai sepatu lari yang cenderung sering mendaratkan kaki nya pada bagian tumit ( heels strike ). Disamping itu aktivitas otot kaki pada pelari barefoot cenderung lebih tinggi.

Barefoot Running baik digunakan untuk recovery run dan latihan speed strength pada permukaan yang soft seperti pasir pantai dengan tujuan otot kaki dapat terlatih secara alami untuk meningkatkan stabilitas dan kekuatan kaki.” Agung Mulyawan, NRC JKT Coach.

Namun tidak semua pelari berani untuk langsung berlari tanpa menggunakan alas kaki dengan pertimbangan permukaan jalan yang tidak rata karena lubang atau berbatu. Dari situ munculnya sepatu minimalis yang memiliki bantalan sepatu yang tipis ( hampir menjadi barefoot ) dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi sehingga memungkinkan pelari yang menggunakan sepatu minimalis tersebut tetap merasakan sensasi barefoot running. Dewasa ini sepatu minimalis cukup digemari oleh banyak kalangan karena ringan dan fleksibilitas nya yang lebih tinggi daripada sepatu lari tradisional. terbukti di banyak race yang pernah saya ikuti, saya melihat cukup banyak pelari memakai sepatu minimalis berlari di kategori half-marathon maupun marathon. Tidak hanya disitu saja, ada juga pelari yang memakai sepatu minimalis saat mengikuti Trail Run.

“It’s all about the feet – it’s not about the shoes.”
Nike Co-founder Bill Bowerman

Sepatu minimalis dari Nike diperkenalkan dengan nama Nike Free. Nike Free dibuat dengan tujuan menciptakan sepatu yang me-replikasi barefoot training yang menawarkan kelebihan berupa support dan daya tarik dari keringanan sebuah sepatu.

Saya sendiri pernah menggunakan sepatu minimalis dan masih tetap menggunakan nya hingga sekarang. Sepatu minimalis saya yang pertama adalah Nike Free 3.0 Flyknit yang memiliki offset paling rendah ( 4mm ), paling ringan sehingga sepatu ini merupakan sepatu Nike Free yang paling minimalis dibandingkan dengan 2 model lain nya, namun sepatu ini paling cepat terasa heat road nya bila memakai untuk jarak yang lebih jauh dengan pace cepat. Sepatu minimalis, saya gunakan untuk tujuan recovery run namun belakangan ini saya gunakan juga untuk latihan lari seperti interval run di track. Saat ini saya memakai Nike Free 4.0 Flyknit yang memiliki teknologi flyknitdi upper sepatu, memiki offset yang menengah yakni 6 mm sehingga masih terasa sedikit bantalan dari sepatu nya. Sepatu ini cukup nyaman saya gunakan untuk easy run maupun speed run.

“Using Nike Free footwear in my training is all about strengthening my feet,” says world champion sprinter Allyson Felix. “I really like having that natural movement in my shoes. Everyone’s feet are different, so it’s great to have a shoe that really moves with you.” Nike Athlete Allyson Felix

Awal tahun 2016 ini, Nike mengembangkan teknologi Nike Free dan mengkombinasikan nya dengan teknologi dari Lunarlon menciptakan Nike Free RN Distance sehingga kamu bisa memakai sepatu minimalis untuk kebutuhan long run. Bukan tidak mungkin di masa yang akan datang, Nike mengkombinasikan Nike Free dengan Nike Zoom Cushioning untuk tujuan speed run. Saat ini Nike juga sudah mengeluarkan update dari seri Nike Free yang akan segera di rilis yakni Nike Free RN Flyknit dan Nike Free RN Motion Flyknit.

Lalu pertanyaan nya seberapa penting sepatu minimalis ini untuk kita miliki ? Dari kacamata saya bila kamu memang pelari pemula, saya pikir sepatu ini sangat penting sebagai tools untuk melatih kekuatan otot kaki dan membantu memperkenalkan kamu cara berlari dengan form dan stride yang benar. Apabila kamu adalah pelari yang sudah lama berlari, sepatu ini baik manfaat nya untuk tujuan recovery run, menjaga kestabilan form lari kamu serta tetap menguatkan otot kaki kamu.

Sumber foto :
http://image-new.com/barefoot.html; http://nikeinc.com; http://nikerunning.com; Dokumentasi Pribadi Coach Agung Mulyawan

9 comments

Submit a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s